Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

BETHENG.com - Bawang putih merupakan salah satu komponen yang hampir selalu tersedia di dapur. Rasanya yang khas, membuat bawang putih hampir selalu menjadi campuran di setiap jenis masakan. Namu tahukah Anda, selain berfungsi sebagai penyedap masakan, bawang putih ternyata juga mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan.
pict by pixabay.com

Bawang putih diperkaya dengan nutrisi yang sangat melimpah, seperti allicin, flavonoid, asam amino, oligosakarida serta sulfur tingkat tinggi. Allicin yang terdapat dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Allicin adalah senyawa aktif yang bersifat tidak stabil dan efektif dalam membunuh mikroba seperti kuman yang dapat menyebabkan infeksi. Senyawa ini juga yang menyebabkan aroma menyengat pada bawang putih.

Selain itu bawang putih juga kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium, seng dan natrium. Sehingga bawang putih dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan dan cara memanfaatkannya;

1. Mengobati infeksi telinga
Kandungan allicin yang memiliki sifat antimikroba dipercaya dapat digunakan untuk mengobati infeksi telinga serta berbagai jenis infeksi lainnya. Cara memanfaatkannya adalah potong bawang putih menjadi dua bagian, lalu tempelkan pada mulut telinga dan biarkan hingga 10 menit. 

2. Mengatasi jerawat
Meskipun bukan merupakan bahan utama dalam obat jerawat, namun kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat dalam bawang putih dapat membantu membuang noda yang tidak sedap dipandang mata termasuk noda jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya cukup dengan gosokan siung bawang putih pada jerawat.

3. Menjadi kesehatan jantung
Tinjauan ilmiah dari berbagai studi menemukan bahwa bawang putih memiliki efek kardioprotektif yang berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung. Efek tersebut cukup signifikan pada hewan maupun manusia. Caranya cukup dengan memakan satu siung bawang putih mentah atau direbus setengah matang jika tidak suka dengan baunya.

4. Mengobati flu dan infeksi lainnya
Sebuah studi menyatakan bahwa kelompok orang yang mengkonsumsi suplemen bawang putih memiliki potensi terserang flu atau pilek lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi plasebo. Jika terkena flu, kelompok ini juga pulih lebih cepat berkarat konsumsi bawang putih. hal itu disebabkan karena bawang putih mengandung senyawa allicin yang berperan penting dalam sifat antimikroba. 

5. Mencegah kerontokan rambut
Kandungan allicin yang tinggi ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut rontok. cara pemanfaatan bawang putih untuk rambut rontok cukup dengan menggosokkan siung bawang putih di kulit kepala, proses cairan hingga membasahi kulit kepala untuk manfaat yang lebih besar. Anda juga bisa memasukkan minyak yang dicampur bawang putih untuk kemudian digunakan dengan cara memijat kulit kepala.

6. Meringankan sakit gigi
Manfaat lain yang bisa didapatkan dari bawang putih adalah mampu meringankan sakit gigi. Caranya cukup mudah, yakni dengan meletakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan untuk kemudian ditempelkan langsung pada gigi yang sakit. Sifat antibakteri dan analgesik yang terdapat pada bawang putih terbukti mampu membantu meringankan sakit gigi. Namun cara ini ini memberikan efek samping terjadinya iritasi pada gusi.

7. Menghilangkan flek hitam di wajah
Bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang flek hitam yang terdapat pada wajah. kampret kampret caranya dengan menghaluskan bawang putih kemudian mengoleskan secara tipis pada flek hitam atau noda bekas jerawat tersebut. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

8. Meningkatkan kesehatan tulang
Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat meminimalkan pengeroposan tulang dengan meningkatkan kadar estrogen pada wanita. Meski demikian belum ada penelitian yang membahas dampak bawang putih pada tulang laki-laki.

9. Mencegah kanker
Zat anti kanker yang terdapat pada bawang putih disebabkan adanya kandungan allyl sulfida yang berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak. Bawang putih juga dipercaya sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker paru. Caranya dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin.

10. Menunda penuaan
Senyawa aktif yang bersifat antioksidan yang terdapat pada bawang putih dinilai mampu membantu menunda penuaan pada wajah. caranya dengan mengkonsumsinya secara langsung dengan madu dan lemon pada pagi hari. potong kecil bawang putih lalu campurkan dengan lemon dan madu saat bangun tidur.

11. Melepaskan duri di bawah kulit
Adakah yang pernah menginjak duri atau mengalami tusukan duri yang menancap pada kulit dengan sangat dalam? Jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu bisa memanfaatkan bawang putih untuk mendorong keluar duri atau benda asing kecil yang menyusup di bawah kulit. Caranya dengan menempatkan sepotong bawang putih pada bagian yang tertusuk duri kemudian membebatnya dengan perban. 

12. Baik bagi penderita diabetes
Mengkonsumsi bawang putih mentah dipercaya dapat mengatasi diabetes. Manfaat bawang putih bagi penderita diabetes seperti mengatur kadar gula darah, melawan infeksi dan mengurangi beberapa efek komplikasi akibat diabetes. Kemampuan bawang dalam hal mengatasi komplikasi diabetes sama baiknya dengan kemampuan bawang putih dalam hala melawan infeksi, menurunkan kolesterol dan meningkatkan sirkulasinya.

Demikian informasi seputar manfaat bawang putih beserta cara memanfaatkannya, semoga bermanfaat.