Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarang Diketahui, Ini Deretan Manfaat Lemon yang Luar biasa Bagi Kesehatan

BETHENG.com - Siapa yang tidak tahu lemon. Lemon merupakan sesuatu yang tak asing dalam kehidupan kita. Lemon biasanya digunakan sebagai tambahan perasa pada olahan makanan. Lemon jarang dikonsumsi sendiri karena rasanya yang asam, padahal lemon menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

pict by pixabay.com

Air lemon diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, detoksifikasi tubuh, dan membantu dalam penurunan berat badan. Manfaat air lemon yg dirasakan oleh tubuh bersumber dari kandungan asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan kandungan lainnya.

Selain itu, jeruk lemon juga kaya akan nutrisi yang mampu membantu tubuh kita tetap sehat lho. Apa sih yang membut air lemon begitu bermanfaat? Berikut ulasannya.

Namun sebelum masuk pada keterangan lebih lanjut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu air lemon. Air lemon merupakan perasan jeruk lemon yang kemudian dicampur dengan air. Jumlah perasan lemon dalam air tergantung selera masing-masing. 

Air jeruk lemon nikmat dikonsumsi baik dalam keadaan dingin alias panas. Sebagian orang juga memilih untuk menambahkan kulit lemon, daun mint, madu, kunyit, atau bahan lainnya untuk meningkatkan cita rasa. Selain menyegarkan, air jeruk lemon juga digemari karena diklaim bisa meningkatkan kekuatan energi dan metabolisme.

Manfaat air jeruk lemon untuk kesehatan;

1. Antioksidan dan flavonoid

Lemon mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang menjadi sumber senyawa tanaman bernama flavonoid, yang mempunyai efek antioksidan dan anti-inflamasi. Antioksidan dikenal sebagi senyawa yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Dengan senyawa ini, antioksidan berfungsi untuk melindungi dari kerusakan pada sel tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Lemon mengandung kurang lebih 10% karbohidrat, sebagian besar berbentuk serat larut dan gula sederhana. Serat larut mampu meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek ini bisa menjadikan penurunan kadar gula darah. Karena serat ini terdapat pada bulir-bulir jeruknya, maka pastikan Anda mengonsumsi air jeruk lemon beserta bulirnya juga untuk mendapat fungsi ini.

3. Bantu kontrol berat badan

Dilansir dari Healthline, maanfaat lemon untuk mengoptimalkan program diet ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa antioksidan polifenol yang terdapat dalam lemon secaracara signifikan mampu mengurangi kenaikan berat badan pada tikus yang makan berlebih.

Dalam studi ini, senyawa antioksidan juga mampu mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin, dua hal mutlak yang berkontribusi dalam dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Selain itu, salah satu khasiat lemon untuk diet bisa Anda buktikan dengan mengganti minuman tinggi kalori dengan air lemon dengan rendah kalori. Dengan memperbanyak mengonsumsi air lemon, perut bisa lebih mudah terasa penuh.

4. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal dalah benjolan kecil yg terbentuk ketika produk limbah mengkristal dan mengalami penumpukan di ginjal. Dengan cara meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin, asam sitrat pada air lemon efektif membantu mencegah terjadinya  batu ginjal. Anda hanya butuh mengonsumsi sekitar 125ml perasan air lemon setiap harinya agar bisa memenuhi asupan asam sitrat yang cukup untuk menbantu mencegah pembentukan batu ginjal.

5. Menurunkan risiko kanker

Dalam studi tabung reaksi, ditemukan beberapa senyawa dari lemon mampu membunuh sel kanker, namun mungkin tidak mempunyai efek yang sama pada tubuh manusia. Penelitian pada fauna menunjukkan bahwa D-limonene, senyawa yang ditemukan di dalam minyak lemon terbukti mempunyai sifat antikanker. Meski demikian, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengenal fungsi air lemon dalam mencegah kanker pada manusia.

6. Manfaat jeruk lemon untuk jantung

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C seperti perasan jeruk lemon sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan strok. Akan tetapi bukan hanya vitamin C yang dianggap baik untuk jantung. Kandungan serat dan senyawa seperti hesperidin dan diosmin dalam perasan jeruk lemon juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan.

7. Manfaat air lemon bagi kesehatan mulut

Salah satu fungsi air jeruk lemon bagi kesehatan ialah membuat napas segar. Bau mulut dapat Anda atasi dengan meminum segelas air lemon sesudah makan atau ketika baru bangun tidur. Anda pasti tidak asing dengan langkah memakai lemon untuk menghapus aroma bawang putih alias aroma menyengat lainnya? Nah, cara ini berlaku juga pada mulut. fungsi air jeruk lemon ini bisa Anda manfaatkan untuk menghapus aroma makanan yang menyengat di mulut.

Cara kerja air jeruk lemon pada kasus ini ialah dengan menstimulas air liur untuk mencegah mulut kering dan menjaganya tetap basah. Ketika mulut basah, bakteri yang menyebabkan bau mulut akan susah berkembang.

8. Manfaat jeruk lemon untuk kulit

Lemon juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit kita lho. Fungsi ini disebabkan karena tingkat asamnya. Bahan dengan tingkat pH tinggi sebagaimana lemon dapat mengurangi peradangan dan minyak yang bisa berkontribusi pada pembentukan jerawat. Lemon juga mempunyai efek antimikroba yang efektif menjinakkan bakteri propionibacterium acnes yang mengarah pada peradangan jerawat .

Demikian ulasan mengenai manfaat Lemon bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan selamat mempraktikkan kehidupan sehat.