Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Bada Tinggi dan Tulang Kuat, Inilah 10 Makanan Mengandung Vitamin D Paling Banyak

BETHENG.comVitamin D merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan dan tinggi badan.
pict by pixabay.com

Vitamin D juga berperan untuk mencegah penyakit osteoporosis bagi orang dewasa. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi, memaksimalkan fungsi otot pada jantung, paru-paru dan otak. Selain itu vitamin D juga dapat mengendalikan asupan kalsium dan fosfor dalam darah serta membantu tubuh dalam proses penyerapan magnesium dan kalsium. 

Angka kebutuhan vitamin D harian adalah 200 IU bagi anak-anak dan orang dewasa, 400 IU bagi lansia 51 sampai 70 tahun, dan 600 IU bagi lansia di atas 70 tahun. Sinar matahari merupakan sumber utama vitamin D. Namun kamu juga dapat melengkapi kebutuhan akan vitamin D dari beberapa sumber makanan. Berikut makanan yang mengandung vitamin D;

1. Susu
Manfaat susu bagi kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi karena kaya akan kandungan nutrisi. Vitamin D yang terdapat dalam susu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan merawat kekuatan gigi. Selain susu yang berasal dari hewan, susu kedelai juga kaya akan vitamin D di mana terdapat 130 IU vitamin D untuk setiap 245 gramnya. Jadi di masukkan susuk dalam daftar menu sehat kamu.

2. Kuning Telur
Dalam satu butir kuning telur terdapat sekitar 40 IU vitamin D. Tak heran jika kuning telur masuk dalam daftar makanan yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin D. Namun perlu digarisbawahi bahwa mengkonsumsi telur tidak boleh secara berlebihan. Karena dalam satu telur peserta putih telurnya terdapat sekitar 200 mg kolesterol. oleh karenanya sebuah organisasi kesehatan tidak menghancurkan mengkonsumsi telur lebih dari 300 mg per hari demi menjaga kesehatan jantung.

3. Ikan Salmon
Biasanya ikan salmon dijadikan sebagai bahan makanan khas Jepang seperti sushi. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan salmon terbilang lengkap, mulai dari vitamin D, protein hingga omega-3. pada setiap 100 gram ikan salmon mengandung vitamin D mencapai 1400 IU. hal ini menjadikan ikan salmon sebagai salah satu makanan dengan kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Maka dari itu mengkonsumsi ikan salmon dapat mencegah resiko penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi.

4. Ikan Tuna
Tidak hanya ikan segar, sumber vitamin D juga bisa didapat dari ikan tuna dalam kemasan atau yang dikemas dalam kaleng. Setiap 100 gram tuna kemasan terdapat kandungan vitamin D sebanyak 236 IU. Namun pastikan kamu membeli ikan tuna kemasan yang terbebas dari bahan merkuri. Pastikan ketika membeli tuna kalengan, terdapat label 'light' pada kemasan kaleng nya. Aplikasi mengkonsumsi contoh kemasan ini, maksimal 200 gram per minggu.

5. Udang 
Udang merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi karena mengandung lemak yang rendah. Udang mengandung beberapa nutrisi penting seperti protein, tembaga, yodium, vitamin B2, fosfor dan Vitamin D. dalam satu porsi udang terdapat setidaknya 152 IU vitamin D. 

6. Jamur
Bagi Anda yang menerapkan gaya hidup vegetarian, jamur mungkin menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi nutrisi vitamin D. Jamur memproduksi vitamin D dari paparan sinar UV sama seperti manusia, sehingga terbentuk vitamin D. Untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari jamur, kamu cukup mengkonsumsi aneka jenis jamur yang dijual di sekitar rumah. Dalam 3 ons jamur jenis portobello misalnya, terdapat setidaknya 400 IU vitamin D.

7. Tiram
Tiram dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan zinc. Selain itu tiram juga kaya akan vitamin D yang bermanfaat bagi tubuh. Untuk setiap 86 gram, tiram mengandung 270 IU vitamin D yang artinya telah memenuhi 68% dari total angka kebutuhan vitamin D harian.

8. Keju Chedar
Keju Chedar merupakan jenis keju yang diolah dari susu sapi yang telah mengalami proses pasteurisasi selama beberapa waktu. Selain rasanya yang nikmat, keju cheddar juga memiliki kandungan vitamin D dan sejumlah vitamin lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.

9. Minyak Ikan
minyak ikan merupakan lemak atau minyak yang diekstraksi dari jaringan-jaringan ikan. Biasanya ikan yang dipakai adalah ikan haring, ikan tuna, ikan kembung dan ikan teri. Selain vitamin D, ikan juga kaya akan vitamin A dan omega 3 yang berfungsi untuk kebutuhan otak. 

10. Tahu
Makanan dengan bahan dasar kedelai ini ternyata mengandung vitamin D yang cukup banyak. Dalam 100 mg tahu, terdapat 157 IU vitamin D. Jumlah ini mengisi 26% dari total kebutuhan vitamin D harian.

Demikian informasi seputar makanan yang mengandung vitamin D, semoga bermanfaat. Pastikan kamu mengkonsumsi vitamin D sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.