Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Diare Pada Anak Dengan Alami

Betheng.comSeperti yang telah diketahui, diare merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, baik orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya, diare pada anak ini sering disebabkan karena faktor lingkungan yang kotor, dan juga banyaknya benda yang masuk ke dalam mulut serta makanan yang kurang higienis sehingga tanpa sadar banyak bakteri yang masuk ke dalam tubuh anak. Tapi, apakah ada cara mengatasi pada anak dengan alami? Yang harus orang tua ketahui adalah, jangan sembarangan untuk memberikan obat diare anak.

 

pict by pixabay.com

Tentu sebagai orang tua akan merasa khawatir jika melihat anaknya sakit. Namun sebagai ibu yang bijak, sebaiknya jangan langsung memberikan obat pada anak jika anak sakit. Jika merasa khawatir, sebaiknya bawa anak pergi ke dokter, agar orang tua lebih tenang. Karena lebih baik seperti itu, daripada harus memberikan obat yang sembarangan atau tidak sesuai anjuran dokter. Karena pemberian obat diare anak juga tidak bisa sembarangan.

 

Cara Mengatasi Diare Pada Anak Dengan Alami

 

Sebaiknya bila anak terserang diare, orang tua memperhatikan frekuensi anak saat BAB (Buang Air Besar). Jika sudah lebih dari lima kali, jangan menunggu lama lagi segera bawa anak untuk pergi ke dokter. Kalau frekuensinya masih di bawah itu, maka mengatasi diare pada anak dengan alami bisa Anda lakukan.

 

Karena diare pada anak harus ditangani secara tepat. Berikut ini adalah cara mengatasi diare pada anak dengan cara alami dan tepat, yang harus orang tua lakukan, diantaranya :

 

●        Memberikan Daun Jambu Biji Muda

Pemberian daun jambu biji muda tentu jauh lebih aman dibandingkan langsung memberikan obat diare untuk anak. Cara mengkonsumsinya, daun jambu biji muda cukup dimakan begitu saja atau secara langsung tanpa tambahan apa pun. Namun, jika anak tidak mau memakannya, maka bisa mencari buah jambu biji muda yang masih seukuran kelereng.

 

●   Membuatkan Larutan Gula dan Garam

Buatlah larutan gula dan garam menggunakan air hangat. Larutan ini bermanfaat untuk menyeimbangkan cairan yang terdapat dalam tubuh anak. Dengan demikian, larutan gula garam ini akan menggantikan cairan yang keluar pada saat anak diare. Hal ini tentu untuk menghindari dehidrasi pada anak.

 

●   Membuatkan Jamu Kunyit

Selanjutnya adalah membuatkan jamu kunyit untuk anak. Ternyata, kunyit juga dapat mengatasi masalah diare. Cukup buatkan sari kunyit, lalu campurkan dengan tambahan air gula. Hal ini agar anak mau meminumnya dan tidak terasa pahit di mulut.

 

●   Tetap Berikan Makan

Anak yang sedang mengalami diare tidak hanya kehilangan elektrolit, tapi juga akan kehilangan nutrisi. Untuk itu, orang tua tetap memberikan makan kepada anak seperti biasa untuk menggantikan nutrisi yang hilang. Jika anak enggan makan, bisa berikan makanan yang lunak yang dimasak sendiri, seperti bubur, kentang kukus, atau pisang. Yang penting anak tetap memiliki asupan makan agar nutrisinya tetap terjaga.

 

●   Segera Bawa ke Dokter

Jika cara-cara di atas belum juga ada perubahan, dan diare bertambah frekuensinya serta jumlah urin semakin berkurang, maka sebaiknya segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit. Karena dikhawatirkan anak mengalami dehidrasi.

 

Ulasan di atas merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi diare pada anak dengan alami. Selalu pantau dan penuhi asupan makanan yang sehat. Karena diare bukanlah penyakit yang bisa disepelekan, jangan sampai orang tua menunggu kondisi anak semakin buruk. Jika hal ini terjadi pada anak, langsung atasi dengan tepat dan tidak memberikan obat diare anak sembarangan. Biar bagaimanapun, anjuran dokter sangatlah penting.