Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Herbal

Betheng.com - Memiliki penyakit asam urat tidak dapat dianggap sepele. Karena asam urat menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa pada beberapa bagian sendi di tubuh. Mengatasi asam urat dengan bahan herbal bisa menjadi solusi utama bila Anda tidak ingin mengkonsumsi obat-obatan dari dokter.

pict by pixabay.com

Mengatasi asam urat dengan bahan herbal kini menjadi pilihan banyak orang yang mengidapnya. Karena obat untuk mengurangi rasa nyeri yang tidak tertahan saat urat naik lumayan mahal. Maka dari itu tidak heran bila banyak penderitanya memilih untuk kembali ke herbal untuk mengatasi asam urat.


Tapi apa saja obat herbal yang dipercaya mampu untuk menangani asam urat? Nah, berikut ini ada beberapa bahan herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi asam urat.

 

Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Bahan Herbal


Asam urat merupakan penyakit radang sendi yang terjadi akibat dari kadar asam urat atau uric acid yang tinggi dalam tubuh. Penyakit asam urat harus dikontrol guna mencegah kambuh di masa mendatang, dan untuk mengontrolnya banyak orang memilih bahan herbal dibandingkan obat dokter.

 

Karena banyak yang menganggap dengan konsumsi obat herbal lebih aman untuk tubuh bila harus konsumsi obat. Meski demikian, sebaiknya tetap konsultasikan pada dokter mengenai kondisi asam urat Anda. Agar tindakan yang sudah diambil tidak memberikan dampak yang mengecewakan.

 

Dan berikut ini adalah beberapa bahan herbal yang banyak dijadikan sebagai obat alami mengatasi asam urat, diantaranya adalah:

 

  1. Kunyit

Kandungan curcumin yang ada dalam kunyit merupakan senyawa kimia antiradang, yang dapat membantu meredakan peradangan. Curcumin dalam kunyit dipercaya mampu menekan protein NF-kappa B. Yang merupakan zat penghasil peradangan dalam tubuh.

 

  1. Biji Seledri

Menurut hasil penelitian menunjukkan kalau ekstra biji seledri memiliki sifat antiiflamasi serta antioksidan yang bermanfaat untuk penderita asam urat.

Dengan memanfaat ekstra biji seledri dianggap mampu mengurangi pembengkakan di sekitar sendi yang diakibatkan oleh peradangan asam urat.

 

Senyawa aktif seperti luteolin dan 3nB (3-n-butylphthalide) menjadi senyawa yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan, selain itu juga mampu untuk mengendalikan produksi asam urat.

 

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal seribu manfaat, dan juga menjadi bahan herbal lainnya yang dianggap mampu untuk meredakan nyeri pada peradangan asam urat.

 

Zat aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron, memiliki sifat sebagai antiinflamasi. Yang mana ketiga zat tersebut bekerja untuk menghambat pemicu inflamasu dalam tubuh yakni leukotrien dan prostaglandin.

 

  1. Meniran Hijau

Selain dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi batu ginjal dan batu empedu, meniran hijau atau lab grade Chanca Piedra juga bisa dijadikan salah satu obat herbal untuk menurunkan asam urat secara alami.

 

Meniran hijau memiliki kandungan yang dipercaya mampu untuk menghambat produksi asam urat berlebih dalam tubuh. Selain itu juga dapat memecah dan membilas penumpukan kristal asam urat.

 

  1. Tanaman Jelatang

Tanaman jelatang merupakan solusi lainnya untuk mengatasi asam urat dengan bahan herbal yang aman. Hal tersebut dikarenakan ekstra yang terkandung dalam tanaman jelantang mengandung zat antiradang, yang disebut hox alpha.

 

Zat tersebut bermanfaat untuk menekan peleasan sitokin yang menjadi pemicu asam urat. Bahkan jelatang juga kaya akan kandungan lainnya seperti kalium, kalsium, dan magnesium, yang mampu mengobati asam urat secara alami.

 

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi asam urat dengan bahan herbal yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Namun dengan catatan, sebelum Anda mengkonsumsi bahan-bahan alami yang sudah disebutkan, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter untuk menguatkan manfaat dari bahan-bahan herbal diatas.