Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Orang Korea Hina Indonesia : Pelajaran Berharga Kepada Netizen Indonesia

Betheng.com Baru-baru ini pria Korea Selatan menjadi sorotan dan virallantaran ucapannya kepada wanita Indonesia. Dalam video yang beredar, pria tersebut secara sengaja menghina wanita Indonesia dengan menyebut jelek.


Selain itu, dia juga mengatakan bahwa tak peduli jika percakapannya diunggah dan disaksikan masyarakat Indonesia. Sontak saja ucapannya orang Korea Selatan membuat masyarakat geram.


Pria asal Korea Selatan yang menghina wanita Indonesia tersebut sontak menjadi perbincangan hangat di media sosial. Tindakannya tentu saja membuat warga Indonesia geram, sehingga  akun Instagramnya @96___k__sik diserang oleh netizen Indonesia. Banyak sekali yang sontak melakukan pembelaan.


Banyak diserang oleh netizen Indonesia, pria tersebut menuliskan pernyataan melalui akun instagramnya. Ia mengungkapkan bahwa tidak mengerti bahasa dari para netizen yang menyerang.


"Naneun dangsine eoneoreul moreumnida (tidak mengerti bahasamu)," tulisnya menggunakan huruf Korea.


Berdasarkan pantauan di media sosialnya, pria Korea Selatan itu menghapus beragam foto di dalam feeds Instagramnya. Tidak hanya itu, video yang berisi hinaan dan ditujukan kepada wanita Indonesia pun juga turut hilang.

Tak sampai disitu, akun Instagram @99_min_yunvely yang diduga akun Instagram bersama pacarnya tidak dikunci, kini ia memutuskan untuk mem-private akun tersebut.


Catatan Khusus Untuk Netizen Indonesia yang Suka Overproud


Kasus ini mengajarkan kita bahwa sikap overproud yang sering tampak dari netizen Indonesia itu tidak baik.

Setiap kali ada orang luar yang membuat vidio atau bereaksi tentang Indonesia, pasti netizen langsung menanggapinya dengan penuh kebanggaan dan sering lalai apakah itu benar pujian atau hanya sekedar mengejar market penonton Indonesia yang begitu besar


Hal ini dimanfaatkan oleh banyak youtuber luar negeri terutama dari Korea Selatan yang sering membuat konen tentang Indonesia untuk mebuatnya cepat terkanal.

Dengan menampilkan keindahan Indonesia serta dengan sedikit sapaan menggunakan Bahasa Indonesia, netizen pun dibuat girang dan membuat mereka royal melakukan subscribe, like dan komentar di kanal youtubnya. 

Padahal kalau dipelajari lebih lanjut, reaksi mereka dan pujian orang luar atas Indonesia bisa jadi hanya didasari atas keinginana utuk cepat populer. Tentu saja jika demikian, bisa jadi dalam hatinya saat melakukan rekasi tentang indonesia dan orang Indonesia, hatinya berkata "ihh najis"


Dalam arti lain, janganlah netizen Indonesia mudah dimanfaatkan oleh pihak luar.