Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persyaratan Lengkap dan Tutorial Cara Daftar Bantuaan Pemerintah Kartu Prakerja Gelombang 13

 Betheng.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 telah dibuka mulai hari ini, Kamis, 4 Maret 2021. Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu sebelumnya telah memastikan pembukaan akan dilakukan pekan ini setelah hasil seleksi peserta gelombang 12 diumumkan.

Gelombang 13 Kartu Prakerja akan memberi kesempatan bagi pencari kerja, karyawan yang sudah bekerja, korban PHK, dan pelaku usaha mikro dan kecil yang ingin mendapatkan pelatihan dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp2,4 juta.



Namun, sebelum memutuskan mendaftar, setiap calon peserta diharapkan memenuhi syarat. Untuk itu, simak syarat daftar Prakerja gelombang 13 tahun 2021 berikut ini:

Persyaratan Bantuan Pemerintah Kartu Prakerja

1. Berkewarganegaraan Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun ke atas

2. Merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, wirausaha

3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

4. Belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya. Jumlah keluarga yang menerima Kartu Prakerja tak lebih dari dua orang

5. Bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD

6. Belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).


Selain syarat-syarat tersebut, program Kartu Prakerja juga dibatasi maksimal dua orang per keluarga mulai tahun ini. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong penerima bantuan dari pemerintah dan mencegah duplikasi penerima bantuan sosial (bansos).


Karena itu, calon pendaftaran yang dua anggota keluarganya telah menjadi peserta Kartu Prakerja akan sulit untuk lolos sebagai pendaftaran.


Baca juga Buruan Ambil 5 Bantuan Pemerintah Bulan Ini, Cek Namamu di HP!


Tutorial Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13

Berikut langkah-langkah pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13:

  1. Membuat akun di laman resmi www.prakerja.go.id, klik menu 'Buat Akun'.
  2. Masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi. Setelah itu, lakukan konfirmasi melalui tautan yang dikirim melalui email.
  3. Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, masuk ke dashboard akun.
  4. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik 'Berikutnya'. Kemudian, lengkapi data diri dan unggah foto KTP, lakukan verifikasi nomor handphone, dan klik 'Kirim'.
  5. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP lalu klik 'Verifikasi'.
  6. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi Anda, kemudian klik 'Oke'.
  7. Berikutnya, ikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar dengan mengklik 'Mulai Tes Sekarang'.
  8. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi dan tahap berikutnya adalah seleksi Gelombang.
  9. Pilih Gelombang yang diinginkan disesuaikan dengan domisili, lalu klik 'Gabung'.
  10. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang. Bila sudah sesuai, klik 'Ya, Gabung'.
  11. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pertanyaan. Klik 'Saya menyetujui" untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.
  12. Tahap pendaftaran selesai.


Demikian informasi seputar bantuan pemerintah kartu pra kerja, semoga bermanfaat dan senantiasa membantu perekonomian rakyat kecil.